Permudah Akses Informasi Publik, Diskominfo Lingga Sosialisasikan Aplikasi SP4N-LAPOR

Sosialisasi sistem SP4N-LAPOR oleh Diskominfo Lingga diikuti oleh perwakilan dari masing-masing OPD se Kabupaten Lingga yang nantinya akan menjadi admin di setiap OPD tersebut. (Foto: Istimewa/Diskominfo Lingga).

EKSPRES.D, Lingga – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lingga menggelar Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) dan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) pada Rabu (07-07 2021) pagi di ruang rapat Media Center Kabupaten Lingga.

Dengan adanya sistem aplikasi ini, keterbukaan informasi publik diharapkan menjadi lebih mudah dipantau, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi kepala daerah untuk melihat kinerja instansi-instansi di daerah.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam beberapa sesi ini, dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing OPD se Kabupaten Lingga yang nantinya akan menjadi admin di setiap OPD tersebut.

Kepala Dinas dan Informatika Kabupaten Lingga Izjumadillah mengatakan, kegiatan ini merupakan stimulan awal bagi rekan-rekan yang ditunjuk sebagai admin di perangkat daerah.

“Kemungkinan nanti di 2022 itu, akan kita lakukan sosialisasi skala besar untuk para pejabat penghubung di OPD-OPD yakni para pejabat sekretaris dan para kepala bagian,” ujarnya.

Terkait belum adanya sosialisasi kepada masyarakat, Kadis Kominfo menjelaskan bahwa hal tersebut memang belum dilaksanakan, mengingat kegiatan sosialisasi yang rencananya digelar dari tanggal 6 hingga 8 Juli tersebut, baru merupakan tahap awal.

Sehingga diharapkan terlebih dahulu harus dipahami oleh admin-admin yang telah ditunjuk di setiap OPD, agar nantinya saat sistem ini telah disosialisasikan kepada masyarakat, seluruh OPD sudah bisa menindaklanjuti laporan tersebut.

“Ia berharap dengan hadirnya SP4N-LAPOR! di Kabupaten Lingga, bisa membantu pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Lingga ke depannya.

Sementara itu, narasumber kegiatan dari Diskominfo Lingga Moch Vhedy Thabrani dalam pemaparannya menyampaikan bahwa sistem SP4N-LAPOR! Ini sangat mempengaruhi komitmen pemerintah daerah terhadap keterbukaan informasi publik, serta menunjukan konsistensi daerah dalam menjalankan pelayanan publik.

SP4N ini, sebut Thabrani, tidak hanya sebagai platform, tapi juga sebagai bukti bahwa daerah berkomitmen terhadap pelayanan masyarakat. Memang sejauh ini sudah ada beberapa OPD yang menyediakan kotak saran atau menerima pengaduan.

”Namun dengan adanya aplikasi ini, keterbukaan informasi menjadi lebih mudah dipantau, sehingga bisa menjadi bahan evaluasi bagi kepala daerah untuk melihat kinerja instansi-instansi di daerah,” ucapnya.

Penulis: Rusli
Editor: Ogawa

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.