Ketua DPRD Natuna Sambut Baik Rencana Dibukanya Rute Kapal Cepat Batam-Anambas-Natuna

Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar

Natuna (ekspres.id) – Ketua DPRD Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Daeng Amhar, menyambut baik rencana dari Manajemen PT Putramaju Global Indonesia (PGI) yang akan mengoperasikan satu armada kapal aluminium jenis catamaran, MV. Putri Anggreni 03 berlayar ke Natuna.

Kapal keluaran baru tahun 2020 ini, futuristik memiliki gaya desain yang menggunakan double lambung warna putih hijau toska, sangat cocok di perairan dengan gelombang cukup tinggi sebab keseimbangan kapal lebih terjaga dari ombak. Kapal dua lambung ini akan terhindar dari oleng ke kiri dan kanan sehingga kondisi dalam kabin bisa lebih stabil.

Politisi Partai Amanat Nasional Kabupaten Natuna ini menilai, Masyarakat sangat perlukan kapal cepat. Langkah baik ini tentunya untuk mendukung transportasi publik yang dibutuhkan untuk pengembangan destinasi wisata Pulau Natuna.

“Kita berharap niat baik ini segera terwujud, dan Masyarakat Kita bisa memilih moda transportasi laut, apalagi tersedia kargo barang di kapal ini tentu akan membuka akses ekonomi,” ujar Daeng Amhar, di Ranai, Selasa, (16/2/2021).

KM. MV Putri Anggreni 03

Selain itu, Sambung Daeng Amhar, diharapkan pelayaran akan membuka konektivitas ke wilayah Antar Kabupaten Baik Kabupaten Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas hingga Kota Batam.

“Dengan terbukanya transportasi Kapal cepat itu, tentu rentan kendali cukup singkat ditempuh dari Kabupaten dan Kota se Kepri,” sebutnya.

Sebab hidup ekonomi masyarakat, bagaimanapun pembangunan itu sangat ditentukan oleh mobilitas masyarakat.

“Sehingga nantinya wilayah ini akan terbuka untuk berbagai kegiatan ekonomi sosial masyarakat,” sebutnya.

Sebenarnya, lanjut Daeng Amhar, untuk menghadirkan kesejahteraan dan kemakmuran dan pembangunan rumusnya sederhana saja.

Mobilitas masyarakat itu harus lebih sering. Jadi pengalaman dari berbagai negara di dunia. Kalau jalannya bagus, transportasinya ada, pembangunan yang menghasilkan kemakmuran akan hadir dengan sendirinya.

“Saya rasa tidak mungkin ekonomi Natuna akan berkembang kalau mobilitas masyarakatnya tidak baik,” sebutnya.

Salah Satu Pengiat Pariwsata Natuna, Kiki Pirdaus, Ikut Mendukung Adanya MV.Putri Anggreni 03 Untuk Berlayar Rute Batam-Anambas-Natuna

Ditempat terpisah, Kehadiran kapal cepat ini kata Kiki Firdaus yang merupakan pengiat pariwisata Natuna sangat dinantikan wisatawan yang hendak ke Pulau Natuna. Tentunya kata dia, adanya kapal cepat ini bisa meningkatkan daya saing wisata Natuna.

“Saya pribadi mengapresiasi atas rencana adanya rute berlayar Kapal cepat jenis Catamaran ini,” ujar Kiki Firdaus yang juga sebagai Ketua Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Natuna.

“Tentu akan sangat baik untuk dunia pariwisata Kita, mengingat pariwisata adalah sebuah industri, maka transportasi merupakan bagian dari industri pariwisata yang akan memajukan pariwisata Natuna kedepanya,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Owner PT Putramaju Global Indonesia (PGI) Muh.Nasrul Arsyad, SE. M.Si menyampaikan, kapal cepat KM Putri Anggreni 03 ini berkapasitas 360 orang penumpang, ditambah Cargo kapasitas 20 ton.

“Untuk fasilitas ruangan, kita lengkapi AC untuk kenyamanan penumpang dengan varian kursi class Bisnis dan Ekonomi,” sebut Nasrul yang juga Ketua Kadin Kabupaten Kepulauan Anambas itu.

Kemudian untuk waktu tempuh rute dari Natuna ke Batam sekitar 10 Jam. kecepatan rata-rata berkisar 28-30 Knot/jam.

Nasrul menambahkan, Penumpang transportasi laut kini bisa melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi ketik play Store putramajutiket. Untuk offline, perwakilan Global Group Natuna Riky Rinovsky.

Sejauh ini, untuk Harga tiket perjalanan kapal sekali jalan, dirinya belum menentukan berapa tarif resmi sekali berlayar.

“Mohon Doa Restu dan dukungan semua elemen Masyarakat, saat ini kita masih melakukan survei yang pasti harga lebih murah setengah dari pesawat terbanglah, perjalanan dari dan menunju Natuna, secepatnya akan kita kabari ya infonya,” sebut Nasrul.

Bagian dek belakang atas, tersedia teras dengan kursi-kursi malas tempat berjemur. Dari tempat ini, anda bisa menikmati pemandangan laut menakjubkan yang tak terlupakan selama berlayar MV.Putri Anggreni 03.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.