Pemkab Tubaba Akan Kembangkan Kereta Listrik Wisata Uluan Nughik Tubaba

Tubaba (ekspres.id) – Pemerintah kabupaten tulang bawang barat (tubaba) terus mengembankan di dunia keparisataan, yang bertujuan untuk menunjang pariwisata, pemkab tubaba akan merealisasikan serta menambah sarana prasarana tranportasi yang berbasis listrik.

Tranportasi berbasis listtik sebagai daya tarik para pelancong wisata kusus di kabupaten tulang bawang barat provinsi lampung, diantaranya adlah, Kereta Api listtik, bus listtik serta angkutan sungai listti,

Hal tersebut yang akan di rencanannya tranportasi berbasis listtik tersebut rencana akan di tepatkan di ibu kota budaya Uluan Nughik kelurahan panaragan jaya kecamatan panaraga kabupaten tulang bawang barat.

Rencana tersebut terungkap saat bupati umar ahmad, S.P, dan sekdakab tubaba Novriwan Jaya, saat bersama stakeholder yang terkait melakukan rapat bersama yang dihaditi oleh PT INKA.

Acara tersebut dilaksanakan secara daring di komplek rumah baduy kota ulun Nughik, yang terletak di panaragan jaya kecamatan tulang bawang tengah kabupatentulang bawang barat, ” pada Hari Selasa 12-1-2021.

Pada rapat yang dilakukan secara via zoom tersebut yang mana untuk guna membahas rencana untuk sistem transportasi pada wisatawan yang ada di kabupaten tulang bawang barat.

Semua yang akan di adakankan tersebut akan diran menggunakan daya listrik, ” Jelas Buapti tubaba yang didampingi oleh kepala dinas perhubungan, Merwan.

Rapat bersama dengan PT. INKA Itera dan jajaran pemkab tualang bawng barat untuk membahas sistem tranportasi kusus di tuaba di bidang pariwisata.

Yang direncana akan menggunakan alat tranportasi yang mengunakan daya listrik seperti kereta apai listrik , bus listrik, dan angkangkutan sungai kapal listrik, ” tambahnya.

Bupati tulang bawang barat umar ahmad menjelaskan, pengunaan transportasi yang berbasis listrik ini sebagai upaya pemerintah, untuk menjaga kelastarian pada lingkungan.

Karena transportasi tersebut sangat ramah lingkungan, sehingga dapat menjadikan bumi lebih sehat dan terbebas dari polusi udara. Dan lingkungan lainnya.

Tempat yang sama, kepala dinas perhubungan Merwan juga menyatakan, ” Kareta listrik dan bus listrik, kapal listrik akan menjadi alat tranportasi wisata di tubaba oleh karena itu, bupati tubaba menghedaki tahun ini alat tranportasi tersebut sudah dapat beropasi di tubaba perdananya di kota Budaya uluan Nughik,” Harapnya.

Masih kata mirwan, ” menindak lanjut rencana tersebut, sehingga dapat segera teralisasi, pemkab tubaba dalam waktu drkat Ini, akan melakukan penyusunan Draft Memorandum Of Understanding (MOU) kerjasama abtar pemkab tubaba dengan Pihak PT. INKA.

Selain itu kami buat dulu dasar hukum, kita kerja melalui MOU targetnya pada APBD perubahan 2021 sudah ada transportasi yang berbasis listrik, di kabupaten tulang bawang barat, seperti bus, listrik, sudah beroperasi ksusnya fi Uluan Nughik, Tegasnya.

Tentusaja semua rencana tersebut akan berhalan setelah adanya MOU dilakukan dengan kajian, lebih lanjut lagi serta terus melakuka konsultasi dengan kementrian perhubungan, demi untuk pengadaan Rel nya.

“Dalam hal ini bupati menyambut baik bahwa mita harus bergerak cepat, dan tahap awal di perubahan ini, sudah ada transportasi wisata di uluan nughik, karena momen ini sangat pas.

Karena dalam rapat tersebut, juga dihadiri oleh Sekdakab, Novriwan jaya, Plt Kabn Bapeda, yudiansyah, kaban BPKAD, Mirza Irawan, diwakili sekretaris Mukmin.

(SP)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.