Wali Kota Tanjungpinang Pimpin Apel Kesiapan Penanganan Bencana

(Ekspres.id) – Wali Kota Tanjungpinang Rahma, didampingi Kapolres Tanjungpinang AKBP Fernando, pimpin apel kesiapan penanganan bencana alam tahun 2020, di Mapolres Tanjungpinang, Kepulauan Riau, Jumat (6/11).

Apel kesiapan penanganan bencana diikuti jajaran TNI, Polri, OPD, Satpol PP, BPBD, Dishub, BUMN, anggota pramuka, serta relawan di kota Tanjungpinang.

Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan saat ini, kita tengah mengalami bencana wabah Covid-19. Pemko bersama TNI, Polri, instansi vertikal, dan komponen masyarakat terus melakukan koordinasi dalam penanganan pandemi Covid-19 di Kota Tanjungpinang.

Kampanye 4M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan, terus disampaikan agar dapat terus menekan angka kasus.

Selain penanganan Covid-19, lanjut Rahma, kita juga harus melakukan usaha-usaha pencegahan bencana lainnya agar jika terjadi bencana yang sering melanda kota Tanjungpinang, menghadapinya, contohnya angin puting beliung, banjir dan kekeringan.

“Bencana ini perlu kita antisipasi dengan melakukan upaya-upaya pencegahan seperti, susur sungai dan drainase yang berpotensi terjadi penumpukan sampah, normalisasi sumber air, serta upaya konkrit lainnya,” ucap Rahma dalam sambutannya.

Menyikapi masalah kebencanaan tersebut, kata Rahma, diperlukan kesiapsiagaan semua jajaran, baik pemerintah, swasta, relawan, maupun masyarakat dalam upaya mepercepat penanganan suatu permasalahan bencana.

“Semoga dengan apel ini, kita dapat meningkatkan kewaspadaan masyarakat dalam menghadapi kejadian bencana yang mungkin terjadi khususnya diakhir tahun 2020. Dan juga memberikan pemahaman penanganan bencana kepada para pemangku kepentingan dan relawan,” tutup Rahma.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.