Ketua DPRD Andes Putra, Sampaikan Aspirasi Masyarakat di Musrenbang

Tampak Ketua DPRD Natuna duduk bersama Bupati dan Dandim 0318 Natuna.

Natuna (ekspres.id) – Pokok pikiran dan aspirasi masyarakat menjadi acuan DPRD Natuna saat rapat musrenbang di Gedung Serindit,Selasa (03/3/2020) pukul 20:00 Wib dengan tema kesejahteraan masyarakat dan inovasi teknologi.

Pada kesempatan itu, Andes Putra selaku ketua DPRD Natuna menyampaikan pidatonya, bahwa rapat pembangunan daerah telah diatur dalam perundang-undangan,pada hakikatnya DPRD menjadi bagian dari Pemerintah Daerah.
Maka DPRD harus dilibatkan secara intensif yang mewakili aspirasi masyarakat, baik itu masa proses atau tahapan dan penyusunan RKPD disetiap tahun anggaran, ucapnya.

“Ia berharap, dapat memberi masukan aspirasi yang dibutuhkan masyarakat, melalui kegiatan reses maupun kunjungan kerja di seluruh daerah dan Kecamatan Kabupaten Natuna.

Ketua DPRD Natuna Andes Putra, saat membacakan pokok pikiran DPRD Natuna di Musrenbang.

 

Pelaksanaan musrenbang Kabupaten Natuna dan penyusunan RKPD tahun anggaran 2021,mampu mewujudkan kesamaan pandangan dan pemahaman terkait kegiatan prioritas pembangunan Kabupaten Natuna, menjadi komitmen bersama dalam mengimplementasikan perencanaan pembangunan daerah, serta memperhatikan sinergitas perencanaan pembangunan ditingkat nasional, tukasnya.

Menurutnya DPRD dalam hal ini, lembaga yang menjaga keseimbangan dalam roda pembangunan, untuk itu eksekutif dan legislatif harus saling bersinergi serta kerjasama yang baik dalam merumuskan kebijakan maupun program kerja untuk anggaran yang ada dan aspirasi masyarakat dituangkan dalam pokok pikiran wakil rakyat bersama Pemerintah Daerah kerja nyata untuk kepentingan masyarakat.

Ada pun yang menjadi pokok pikiran dan aspirasi masyarakat disampaikan dalam acara musrenbang, antara lain:pembangunan infrastruktur berkelanjutan, pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat, air bersih, pelayanan kesehatan menyeluruh, peningkatan PAD, meningkatkan sarana transportasi darat, laut dan udara, penambahan sarana komunikasi, pengembangan parawisata bahari, peningkatan mutu SDM, penyediaan lapangan kerja dan pembangunan pelabuhan nelayan maupun perikanan.

Para anggota DPRD Natuna yang hadir dalam Musrenbang.

 

Begitu juga dengan peningkatan kualitas pengelolaan keuangan daerah, daya saing daerah, pencegahan penyalah gunaan narkoba, pengentasan kemiskinan, kebutuhan pokok ditiap kecamatan, peningkatan hasil kebun dan peternakan rakyat, sarana Pemerintahan yang belum selesai, kemudian memelihara perdamaian dan menjaga iklim politik yang kondusif, jelasnya.

Maka pokok pikiran tersebut perlu dituntaskan secara bersama-sama demi kesejahteraan rakyat dan akan kita bahas secara intensif dengan Pemerintah Daerah, tentu dengan langkah perencanaan yang jelas dan matang, untuk mencapai hasil maksimal, terarah, serta terukur melalui tahapan evaluasi pembangunan jangka panjang, tukas Andes.

Hadir dalam giat itu, Para Asisten dan OPD, DPRD, Forkopimda,Tokoh masyarakat, Tokoh Agama dan undangan lainnya.

Laporan : Budi Darma Sianipar

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.