Hamid Rizal Bersyukur Presiden Jokowi Datang Lagi ke Natuna

Bupati Natuna Hamid Rizal saat menyambut kedatangan Presiden Jokowi.

 

Natuna (ekspres.id) – Kedatangan Presiden RI Joko Widodo berasama rombongan disambut baik oleh Bupati Natuna Hamid Rizal beserta sejumlah Forkopimda, Selasa (08/01/2020) di Kantor Bupati Natuna Bukit Arai, Kecamatan Bunguran Timur.

Kedatangan Jokowi kali ini membagikan sertifikat atas lahan masyarakat sekaligus memastikan keamanan Natuna dari polemik teritorial lautan Indonesia.

Selama menjabat orang nomor satu di Indonesia, Jokowi telah mengunjungi Natuna sebanyak 3 kali pulau terluar Indonesia ini.

Presiden Jokowi saat tiba dibandara Lanud Raden Sadjad Ranai.

Dalam Kepemimpinannya periode kedua ini, Jokowi hadir kembali setelah laut Natuna dimasuki kapal ilegal fishing melakukan pencurian ikan di perairan Natuna, sehingga pesawat tempur jenis F16 di siagakan guna mengamankan laut Utara.

Setelah bertatap muka dengan masyarakat dan sejumlah nelayan di selat lampa, Jokowi bertolak ke Kantor Bupati sekaligus menyerahkan 26.000 sertifikat tanah secara simbolis kepada masyarakat.

“Ia mengatakan, ada 40 ribu lahan harus bersertifikat, 26 ribu telah diserahkan dan sisanya 14 ribu kurang lebih.
Ini suatu bukti Natuna tanah air Indonesia atau bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia atas lahan masyarakat berupa sertifikat secara defacto dan dejure.

Jokowi foto bersama masyarakat penerima sertifikat tanah gratis.

Sebanyak 81ribu penduduk Natuna di pimpin seorang Bupati, jelas Jokowi dan sudah saya cek yang berkaitan dengan hukum dimana kapal-kapal asing masuk ZEE akan dilakukan penegakan hukum, baik itu dari TNI AL, Bakamla, KKP, POL. Airud sebagai penegak hukum bagi nelayan asing memasuki perairan Natuna.

Hari ini saya serahkan sertifikat sebagai simbol Natuna tanah air Indonesia dan untuk yang menerima sertifikat agar di fotokopi, jika sewaktu-waktu hilang ada pertanggal, ucapnya.

Pada saat bersamaan, dimana situasi laut Natuna sedang memanas, Presiden Jokowi mau berkunjung dan membagikan sertifikat gratis lahan masyarakat, ” Saya sangat mengapresiasi itu,” ucap Bupati Natuna Hamid Rizal.

Presiden Jokowi saat meninjau SKPT Selat Lampa, didampingi Menteri KP Edhy Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Menteri Badan Pertanahan Nasional RI Surya Tjandra, para petinggi TNI, POLRI, Wakil Bupati Natuna, Sekda Natuna, Ketua beserta Anggota DPRD Natuna, pimpinan OPD, FKPD serta masyarakat penerima sertifikat tanah gratis.

Laporan : Budi Darma Sianipar

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.