Irup Apel Amal Bakti Kemenag ke 74, Wabup Ngesti Ajak Jaga Kerukunan Umat Beragama

Wakil Bupati Natuna Hj. Ngesti Yuni Suprapti, saat menyampaikan kata sambutan.

 

Natuna (ekpresi.id) – Peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) tahun 2020 di Kabupaten Natuna, resmi dibuka oleh Wakil Bupati Natuna, Hj. Ngesti Yuni Suprapti di Kantor Kemenag Natuna, Jalan HR. Soebrantas, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, pada Jumat (03/01/2020) pagi.

Dalam pidatonya Ngesti mengatakan, kegiatan ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan penghargaan terhadap jasa perintis Kementerian Agama atas pengorbanan mereka dan perjuangannya selama ini.

Terbentuknya Kemenag RI pada tanggal 3 Januari 1946 sebagai bagian dari perangkat bernegara dan yang di sejalankan dengan Pemerintahan, sesuai UDD 1945 nomot 29 tentang Ketuhanan Yang Maha Esa. Dimana negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agama dan kepercayaannya.

Didampingi Kepala Kantor Kemenag Natuna H. Husein, Ngesti menyematkan Satya Lencana kepada pegawai Kemenag Natuna.

“Bahwa dasar Ketuhanan Yang Maha Esa merupakan fundamen moral yang melandasi penyelenggaraan negara, pemerintah dan pembangunan kedaulatan NKRI. Sehingga agama bukan simbol perpecahan atau propoganda serta tidak menyiarkan ujaran kebencian maupun kekerasan terhadap pemeluk agama lain. Begitu juga Pemerintahan tidak bertentangan dengan kaidah agama dan ideologi negara,” jelas Ngesti.

Ngesti menambahkan, Agama dan negara saling membutuhkan dan mengokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia dengan bimbingan Tuhan Yang Maha Esa, dengan mengenalkan teori alternatif, yaitu teori “akomodasi”, menyangkut hubungan agama dan negara yang belum dikenal saat itu di negara manapun.

Sejalan dengan tema hari ini, Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementrian Agama tahun 2020,Umat Rukun Indonesia Maju, “Saya mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan daerah agar memperkuat kerukunan antar umat beragama,” pungkas Ngesti.

Para peserta upacara saat mendengarkan amanat dari pembina upacara.

 

Di penghujung acara Ngesti menyampaikan langsung penghargaan kepada jajaran Kemenag, penyematan Satya Lencana bagi yang mengabdi di Kemenag Natuna selama 10 sampai 20 tahun.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Ketua I DPRD Natuna Daeng Ganda Rahmatullah, FKPD, OPD, Kepala Kantor Kemenag Natuna Drs. H. Husein dan para tamu undangan lainnya.

Laporan : Budi Darma Sianipar

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.