Hamid Rizal : Geopark Natuna Dukung Sektor Ekonomi dan Pariwisata

Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal memberikan cinderamata kepada Wamen Pertahanan.

Natuna (ekspres.id) – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Bapennas menggelar rapat kordinasi komite nasional Geopark Indonesia 2019 Kabupaten Natuna, Laut Sakti Rantau Bertuah.

Giat tersebut dibuka langsung olej Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal di Aula Hotel Natuna, Ranai Kecamatan Bunguran Timur, Rabu 18/12/2019 pukul 1 siang dihadiri 94 peserta dari Kementerian, Daerah dan Akademisi.

Dalam rancangan pembangunan nasional 2020-2024 , revolusi mental ,sumber daya manusia, lapangan kerja dan membangun lingkungan hidup, destinasi wisata nasional, destinasi alam dan destinasi geopark, telah dituangkan dalam Perpu Presiden no 9 tahun 2019 dan menjadi tujuan rencana aksi nasional Indonesia dan menjadi pedoman Pemerintah Pusat dan Pemerintah daerah.

Sambutan Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal.

Hamid menjelaskan, intruksi Presiden agar 20 juta pengunjung wisawatan dari lokal maupun mancanegara datang ke daerah yg telah ditentukan destinasi Geopark di lima daerah di Indonesia, di topang sarana penunjang lainnya, seperti pemandu wisata , pelaku bisnis wisata perhotelan, restoran dan sebagainya.

Ia menambahkan, semua ini terlaksana dengan menciptakan sumber daya manusia berkualitas serta profesional melalui peran pendidikan dan pelatihan, menjadi sangat menentukan bersama tim OPD maupun unsur terkait dalam meraih kesuksesan dengan predikat geopark network UNESCO yang di gelar tahun 2020 di Indonesia.

“Kami pemangku kepentingan akan berupaya di tingkat daerah, serta mengusulkan berbagai program kepada pemangku kepentingan di tingkat Pusat, berdasarkan surat yang kami layangkan kepada Menteri Perencanaan Pembangunan, agar destinasi pariwisata menjadi prioritas di bumi Laut Sakti Rantau Bertuah, pungkas Hamid, jelasnya.

Dengan menjadi tuan rumah kegiatan rapat kordinasi kali ini, seluruh pemangku kepentingan dapat melihat langsung segala promosi juga informasi melalui media yang kami sebarkan terkait potensi daerah ini benar adanya, baik itu parawisata, kekayaan alam melimpah, kelautan dan perikanan, geologi, warisan budaya serta kekayaan hayati yang masih lestari.

Untuk itu, mari saling bersinergitas mewujudkan cita-cita kita, untuk generasi Bangsa maupun kelangsungan pembangunan Indonesia di seluruh penjuru Nusantara, khususnya geopark network UNESCO Natuna, bersama kita bisa, pungkas Hamid.

Hadir dalam giat itu, Wamen Pertahanan,Sekda Natuna Wan Siswandi,DPRD, FKPD, OPD dan undangan lainnya.

Laporan : Budi Darma Sianipar

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.