Wawako Buka Secara Resmi Intervensi Keamanan Bagi UMKM Pangan

Kegiatan Intervensi Keamanan Pangan Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Pangan, Rabu (26/6).

Tanjungpinang (ekspres.id) – Wakil Walikota Tanjungpinang Hj. Rahma, S.IP membuka secara resmi kegiatan Intervensi Keamanan Pangan Bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Pangan yang diselenggarakan oleh Badan POM dan bekerjasama dengan Kantor Direktorat Jendral Pajak Tanjungpinang di Aula Poltekes Kemenkes Kota Tanjungpinang, Rabu (26/6).

Kegiatan ini diselenggatakan selama dua hari mulai dari 26 Juni hingga 27 juni 2019, dengan jumlah peserta sebanyak 250 yang bersal dari berbagai UMKM yang dikelola oleh Organisasi Masyarakat seperti IPEMI, Aisyiyah dan UMKM yang dikelola oleh Pemerintah Daerah.

Dalam sambutannya Rahma menjelaskan bahwa Intervensi Keamanan Pangan Bagi UMKM ini merupakan upaya pemberdayaan yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, dan Dunia Usaha serta Masyarakat secara sinergis dalam bentuk menumbuhkan iklim yang kondusif untuk pengembangan usaha bagi UMKM sehingga mampu tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang tangguh dan mandiri.

Melalui kegiatan ini Rahma mengharapkan UMKM Pangan akan meningkat pengetahuan, pemahaman dan keterampilannya tentang keamanan pangan dalam memproduksi pangan yang aman dan bermutu, memperoleh Sertiifikat Penyuluhan Keamanan Pangan sehingga masyarakat terlindungi dari konsumsi pangan yang tidak aman dan tidak bermutu.

Dadang Kepala Kantor Pajak Kota Tanjungpinang menjelaskan bahwa Kegiatan ini merupakan wujud kerja sama yang telah dijalin kantor pajak terkait pembinaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah melalui program BDP dengan 27 intansi diantaranya 21 BUMD dan 6 intansi lainnya. ” Kegiatan dengan Badan POM saat ini merupakan salah satunya wujud yang telah kami jalin terkait dengan pembinaan UMKM”, ungkapnya.

Lebih lanjut Dadang menjelaskan bahwa, ” Dukungan terhadap UMKM ini menjadi penting bagi kami karena berdasarkan catatan kami hampir 96% itu menyerap tenaga kerja serta berkontribusi 60% terhadap produk domestik bruto PDB nya jumlahnya sangat besar,” jelasnya lebih lanjut.

Kegiatan ini juhabdihadiri oleh Direktur PMPU Anita Nuraini, S.Si, Apoteker, M.Si, Kepala Kantor Direktorat Jendral Pajak Kota Tanjungpinang Dadang Karna Permana, PWA Provinsi Kepri Hj. Emi Taprudin, Ketua Salimah Laila, Ketua IPEMI Prov. Kepri Ani Wahyuni.

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.