Sekda Natuna Wan Siswandi Buka Rapat FGD Dengan Tim KKP

Sekda Natuna Wan Siswandi saat membuka FGD.

 

Natuna (ekspres.id) – Diskusi dan laporan terkait kegiatan tahun 2019 mengenai kajian lokasi dan daya dukung Pembudidayaan ikan di Natuna, resmi dibuka Sekda Natuna, Wan Siswandi di ruang rapat Bupati,Ranai Bukit Arai Selasa (3/12/2019) sekitar pukul 9 pagi.

Dalam penjelasannya, Siswandi mengatakan, Natuna ini ada beberapa pokok persoalan yang sudah di garis bawahi oleh Pemerintah Pusat sebagai Program nasional, seperti pertahanan, perikanan, wisata, migas dan lingkungan hidup menjadi acuan yang di canangkan Presiden saat rapat terbatas dengan Bupati waktu itu.

Pertahanan dan migas bukan domain Daerah, namun domain Pemerintah Pusat, jadi yang bisa kita lakukan wisata dengan perikanan untuk di kelola, jelas Siswandi.

Bicara perikanan hal yang pas dengan Natuna, karna 99 persen laut dan potensi ikan sangat lumayan maupun kerambah ikan juga banyak, tinggal di kembangkan kedepan seperti apa budidaya ikan di Natuna, begitu juga ikan mati , kita sudah punya Pelindo sebagai penampung hasil tangkap nelayan, jadi tidak perlu takut lagi soal pemasaran, ucap Siswandi.

Ia menambahkan, dulu harga gurita per kilogram hanya 5 ribu, sekarang sudah mencapai 50 ribu per kilogram nya, bisa lebih sejahtera nelayan dari pegawai kalau dikerjakan secara betul dan sungguh-sungguh.

Situasi ekonomi perikanan Natuna saat ini bukan kebetulan saja, namun berdasarkan konsep yang sering di gaungkan bu Susi pada masa jabatan nya, bahwa Natuna akan di jadikan tempat pelelangan ikan.

Namun kondisi berbeda terjadi selama ini, bu Susi maunya kapal ikan Thailand, Vietnam dan lainnya di tangkap saat beroperasi di lautan Natuna, di kerambah, di lelang kemudian dibawa dan konsepnya seperti itu, sama hal yang kita inginkan.

Bukan tanpa alasan Siswandi memaparkan semua itu, dengan konsep bu Susi tadi, menurutnya retribusi ada disitu dan akan menjadi pendapatan Daerah, namun proses ijin nya dari Jakarta, jadi kita dapat apa,?

Ia berharap program bu Susi akan berlanjut di kepemimpinan Mentri saat ini ,dengan tujuan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah, sehingga kajian serta diskusi bersama dengan Badan riset sumberdaya manusia dan Kementrian Kelautan dan Perikanan dapat ditindaklanjuti agar Natuna kedepan lebih baik, ucap nya.

Turut hadir dalam giat ini, OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Natuna dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Laporan : Budi Darma Sianipar

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.