Hamid Rizal Berharap KMP. Bahtera Nusantara Bisa Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Sambutan Bupati Natuna, Abdul Hamid Rizal.

Natuna (ekspres.id) – KMP. Bahtera Nusantara 01, akhirnya sandar perdana di pelabuhan Tanjung Payung Penangih. Hal itu disampaikan Bupati Natuna Hamid Rizal saat meresmikan pelayaran perdananya, pada Jum’at (17/07/2020) pagi.

KMP. Bahtera, melayari rute Tanjung Uban, Tarempa, Natuna, dan Sintete Kalimantan Barat (PP),diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bupati Natuna Hamid Rizal mengaku, kehadiran KMP Bahtera Bahtera Nusantara sangat di nantikan masyarakat Natuna. Sayangnya, meski dikelilingi lautan luas, namun haknya, dikuasai oleh Provinsi.

Bupati bersama Ketua DPRD Natuna dan pimpinan FKPD serta OPD, saat menyambut kedatangan KMP Bahtera Nusantara.

Berdasarkan undang-undang 23, Kabupaten tidak mempunyai wewenang atas laut.Itu berarti segala perizinan tentang pelabuhan, dikuasai Provinsi.Daerah hanya mempunyai hak, sampai bibir pantai. Dilihat dari sisi ekonominya sangat merugikan Kabupaten. Intinya ekonomi itu, secara tidak langsung telah dipindahkan ke Provinsi. Mungkin mengacu seperti Negara Malasya. Ucapnya.

Hamid juga bersyukur, kapal Roro Bahtera OI, telah dapat melayari Pulau Natuna.Kami sangat membutuhkan transportasi ini. Alhamdulillah hari ini telah terwujud. Sehingga masalah bahan pokok, dan lainnya dapat teratasi.

Apalagi Natuna lagi gencarnya promosi wisata. Dengan pelayaran Bahtra Nusantara, kami sangat bahagia, meski dalam menghadapi Covid. Kita tidak boleh lemah. Harus kita hadapi demi kemajuan ekonomi. Yang penting sesuai protokol kesehatan.

Hamid juga meminta jika kapal tersebut ada tenaga medis,sehingga bila ada penumpang ada gejala Covid dapat diatasi segera, termasuk ruang isolasi.

Natuna berada di tengah lautan luas, diapit beberapa Negara tetangga, menjadi perhatian bagi Pemerintah Pusat. Apalagi Natuna merupakan tempat pemulangan WNI, dari Wuhan, semakin dikenal dunia. Meski demikian daerah ini aman dari Covid.

Tampak KMP Bahtera Nusantara saat sandar perdana di Pelabuhan Tanjung Payung, Penagi.

Sementara itu, Jenderal manajer Ferry ASDP Batam Aripuddin mengatakan, kiranya KMP Bahtera Sejahtra, mampu meningkatkan perekonomian di Kepri, hingga ke Sintete Kalbar.

Kapal aset Negara, diamanahkan kepada ASDP sebagai operator. Kapal baru. Dibuat tahun 2018 dan siap tahun 2019. Karena Covid barulah hari ini dapat diatasi.
Kapal dirancang mewah, dengan kapasitas 378.

Ada kamar bisnis 1dan II, semua ber AC. Memang dirancang mewah, biar masyarakat nyaman. Sementara kapasitas angkutan kenderaan, mampu
membawa 38 jenis kenderaan campuran. Contohnya lori dan Fuso bisa angkut 26 buah. Sisanya kenderaan kecil.

Harus kita syukuri, negara mampu menghadirkan kapal mewah, ditengah Covid melanda Indonesia. Ia mengajak masyarakat, agar bersama sama menjaga kebersihan dan tetap mematuhi porotokol kesehatan.

Tanpa surat kesehatan yang jelas, kami tidak akan layani.Penumoang dikarang membawa senjata tajam,senjata api, miras dan Narkoba.

Hal senada juga disampaikan Riskan Perwakilan dari BPTD Riau Kepri . Dalam sambutannya, dirinya memberi kembali memberi angin segar, bagi masyarakat Natuna, bakal ada 1 lagi Kapal Roro, yang rutenya di per pendek, sehingga dapat berlayar 1 kali dalam seminggu.Rencananya 2022 sudah berlayar ucapnya.

Salah satu Penumpang Kapal Izal saat dikonfirmasi mengaku, kapal KMP Bahtera Sejahtra sangat baik. Selain fasilitas Pull AC, pelayanan juga sangat ramah. “Dalamnya bagai naik pesawat”. Memang dirancang khusus untuk kenyamanan penumpang tambahnya. Namun semua itu, tidak terlepas dari kegigihan Kadishub Natuna.

Hadir dalam giat itu, Pimpinan Forkopinda, Kepala OPD,
Sabandar, Pihak dari Kemenhub, Tokoh agama.

Laporan : Budi Darma Sianipar

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.