Penyuluh Kantor Bahasa Kepri Jelaskan Ciri Bahasa Jurnalistik Bagi Wartawan Natuna

Penyuluh Kantor Bahasa Kepri, Faisal Ghazali.

Natuna (ekspres.id) – Memasuki hari ke-2 kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia dalam Jurnalistik, yang di ikuti peserta dari Humas Setda Natuna, Dinas Kominfo Natuna dan Wartawan se-Kabubaten Natuna, mengenai tulisan yang tepat bagi kalimat dan paragrafnya.

Penyuluhan Bahasa Indonesia Jurnalistik disampaikan langsung oleh Faisal Ghazali, selaku penyuluh dari Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), di Hotel Tren Central Jalan Pramuka, Ranai, Kecamatan Bunguran Timur, pada Kamis (31/10/2019), yang dimulai sejak pukul 09:00 Wib sampai dengan selesai.

Faisal Ghazali menyampaikan tentang pengenalan dan pengetahuan ciri Bahasa Jurnalistik, yang sangat penting bagi seorang wartawan.

“Bahasa Jurnalistik harus akurat, padat, berimbang dan bisa di cerna oleh semua pembaca,” terang Faisal Ghazali.

Faisal Ghazali menambahkan, bahwa setiap Bahasa Jurnalistik harus menarik untuk dibaca, sederhana agar gampang di cerna, singkat dan padat, serta lugas dan jelas.

“Berita itu harus jernih, tidak menyembunyikan sesuatu dari pokok masalah, yang didapat dari Informasi maupun investigasi dan menarik minat khalayak pembaca, serta populis di setiap diksi, kata dan kalimat, maupun istilah,” pungkas Faisal Ghazali.

Laporan : Budi Darma Sianipar

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.